JAKARTA, KOMPAS.com – PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) dan PT Superintending Company of Indonesia (Sucofindo) menandatangani nota kesepahaman (MoU) pengembangan dan pengelolaan limbah terintegrasi (Integrated Waste Management Solution).  

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama Adhi Karya Entus Asnawi Mukhson dan Direktur Utama Sucofindo Mas Wigrantoro Roes Setiyadi secara daring di Jakarta, Selasa (22/2). Entus mengatakan kerja sama itu merupakan bentuk pengembangan dari amanah kedua BUMN untuk memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi lingkungan. Selain itu juga sebagai pengembangan kompetensi bisnis ADHI dalam bidang pengelolaan limbah B3, yang sebelumnya telah dilakukan di Kawasan Industri Medan (KIM).

Kolaborasi tersebut juga merupakan bentuk inovasi bagi keberlanjutan pelestarian lingkungan, serta pengembangan teknologi dan bisnis sebagai bentuk peningkatan kompetensi bagi kedua belah pihak. Entus berharap kompetensi yang dimiliki kedua BUMN disertai dengan kolaborasi yang baik dapat menciptakan karya terbaik dengan upgrading salah satu nilai Akhlak, yakni kompetensi dalam berinovasi mengembangkan teknologi baru untuk mampu menghasilkan manfaat yang berkelanjutan bagi lingkungan. “Kolaborasi keduanya berfokus pada pengadaan dan pengelolaan fasilitas limbah dan sampah yang diperuntukkan bagi industri,” kata Entus dalam keterangannya seperti dikutip Antaranews, Rabu (23/02/2022).

ADHI selaku kontraktor berperan dalam menyiapkan pembangunan infrastruktur, operasional pabrik, hingga pemasaran dari fasilitas yang ada. Sementara itu, Sucofindo akan memberikan solusi terbaik melalui pekerjaan pengujian (testing), inspeksi (inspection), sertifikasi (certification), pelatihan dan konsultansi (consultancy and training) berkaitan dengan pengembangan bisnis ADHI dalam berbagai hal terkait pengelolaan limbah. Pengembangan bisnis Sucofindo dan ADHI dalam MoU ini mencakup beberapa hal, yakni Pengelolaan Fasilitas Pengelolaan Limbah Terpadu (FPLT), Pengelolaan Tanah Terkontaminasi Minyak (TTM), Rencana Pengelolaan Port Reception Facility, Rencana Pengelolaan Limbah Medis, dan Rencana Pengelolaan Limbah Elektronik. Direktur Utama Sucofindo Mas Wigrantoro Roes Setiyadi mengatakan, kerja sama ini bertujuan untuk mengembangkan dan memperluas ruang lingkup jasa di bidang pengelolaan limbah serta meningkatkan kompetensi Sucofindo di bidang pengelolaan limbah.

 Ada pun tujuan lainnya dari MoU ini untuk meningkatkan hubungan kerja sama antar BUMN dan optimalisasi pencapaian pendapatan kedua BUMN tersebut. “Saya berharap semoga kerja sama antara PT Sucofindo dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk. yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman ini merupakan awal yang baik untuk kerja sama lainnya ke depan sebagai bagian dari inisiatif strategis bersama dalam mendukung sinergi BUMN,” tutur Mas Wigrantoro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

top