Penilai Pertanahan mempunyai peranan relatif penting pada tahapan pengadaan tanah buat proyek pembangunan nasional. Mereka turut dan sedari awal sampai berlangsungnya proses pengadaan tanah. Peran tadi dimiliki penilai Pertanahan sejak Undang-Undang Cipta Kerja (UUCK) terbit.

Kemudian disusul anggaran turunannya yaitu Peraturan Pemerintah (PP) No. 19 Tahun 2021 mengenai Penyelenggaraan Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum. Juga, ketentuan aplikasi berupa Peraturan Menteri ATR/Kepala BPN No. 19 Tahun 2021 mengenai Ketentuan Pelaksanaan PP No. 19 Tahun 2021 mengenai Penyelenggaraan Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum. Rumah paling murah di Yogyakarta.

Direktur Jenderal Pengadaan Tanah & Pengembangan Pertanahan (Dirjen PTPP) Kementerian ATR/BPN, Embun Sari menyampaikan, peraturan baru tadi berimplikasi pada peran penilai pertanahan. “Penilai yang tadinya hanya terlibat pribadi dalam tahapan aplikasi, kini diharapkan jua kehadirannya mulai berdasarkan tahapan perencanaan,” Rumah paling murah di Malang.

Profesi tadi jua turut memilih nilai ganti rugi buat pembebasan lahan. Dalam penentuannya pun tidak sembarangan. Agar perseteruan-perseteruan pada pengadaan tanah bisa meminimalisir semaksimal mungkin & bahkan tidak merugikan warga luas. “Peran penilai semakin penting. UUCK mengatur bahwa pada memilih nilai tanah, nilai berdasarkan penilai bersifat final & mengikat,” tandas Embun Sari. Penilai Pertanahan sudah sebagai kawan Kementerian ATR/BPN yang terpercaya pada melakukan penilaian. Khususnya dalam aktivitas pengadaan tanah bagi pembangunan buat kepentingan umum.

Tetapi perseteruan yang terjadi waktu ini, masih terbatasnya jumlah penilai Pertanahan pada Indonesia. Yaitu 284 orang yang hanya beredar pada 9 provinsi, khususnya Indonesia bagian Barat. “Dalam rangka memenuhi kebutuhan akan penilai Pertanahan & beredar merata pada semua Indonesia, kita prioritaskan calon Penilai Pertanahan berdasarkan Indonesia bagian Timur,” pungkasnya. Rumah Paling murah di Bali.

Sumber : kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

top