Rak terbuka menjadi tren dekorasi rumah yang populer karena banyak digunakan. Gaya rak terbuka membuat tampilan ruangan terlihat lebih estetik dan indah. Penggunaan rak juga menjadi solusi untuk menyimpan barang-barang di dapur. Model rak terbuka juga memudahkan kamu untuk mencari barang-barang yang dibutuhkan. Namun terdapat beberapa hal yang mengganggu jika menggunakan rak terbuka, dilansir dari The Spruce, berikut ini kekurangan dari penggunaan rak terbuka.

  1. Rutin dibersihkan

Dibalik keindahannya, masalah utama penggunaan rak terbuka adalah adanya debu dan kotoran yang menumpuk. Oleh sebab itu, kamu harus rajin dan teratur membersihkan rak dan juga barang-barang yang mengisi rak tersebut. “Ketika kamu meninggalkan barang di tempat terbuka, mereka akan mengumpulkan debu dan apa pun yang berterbangan. Bulu anjing adalah yang sering ditemui di rumah kami,” kata desainer Monique Wright dari Monique Wright Interior Design. Jika kamu merupakan orang yang jarang berada di rumah dan malas untuk membersihkan rak, maka tidak disarankan untuk menggunakan rak model terbuka. Home Instagrammer Chelsea Coulston dari Making Home Base mengatakan bahwa akan lebih baik jika rak terbuka digunakan untuk barang-barang yang sering digunakan sehingga mereka tidak mengumpulkan debu di rak. Rumah murah di Yogyakarta.

  1. Kerapihan adalah kunci utama

Selain harus rutin dibersihkan, penggunaan rak terbuka juga harus rapi dalam hal menata barang-barang. Pada awalnya rak terbuka akan terlihat sangat indah dengan susunan barang-barang yang menghiasinya, tapi setelah beberapa lama mereka semua akan terlihat berantakan. Karenanya kamu perlu merapikan kembali setiap barang yang telah selesai digunakan. “Karena semuanya terbuka, maka estetika memang penting,” kata Monique Wright. Dalam rak terbuka, kamu pasti ingin memajang sesuatu dan akan menggunakannya kemudian mengembalikannya dengan baik, dengan begitu rak terbuka belum tentu sejalan dengan gaya hidup minimalis. Rumah dan Villa murah di Malang.

  1. Ruang penyimpanan berkurang

Rak terbuka belum tentu ramah penyimpanan. Dengan rak terbuka, kamu akan kehilangan beberapa ruang penyimpanan dan tidak bisa menaruh barang-barang dengan cara menumpuknya. “Apalagi dengan dapur yang lebih kecil, perlu ada pertimbangan serius antara bentuk dan fungsi,” lanjut Monique Wright. Rumah dan Villa murah di Bali.

  1. Pemasangan yang agak rumit

Selanjutnya yang perlu dipertimbangkan sebelum menggunakan rak terbuka adalah dalam hal pemasangan. Rak terbuka akan memiliki material yang kokoh dan berat, untuk itu kamu perlu memastikan kondisi dinding agar tidak rusak dan terbebani saat menopang rak tersebut. Untuk pilihan yang lebih baik lagi, kamu bisa gunakan tenaga profesional guna memilih rak dan pemasangannya yang tepat. “Secara umum, untuk menghindari rak terbuka yang terlihat terlalu tipis, Anda menginginkan rak yang cukup kokoh. Artinya adalah Anda harus memiliki rak yang lebih berat, yang membutuhkan pemasangan yang lebih ahli,” katanya.

  1. Sulit untuk menyembunyikan kabel

Last but not least, saat ingin menggunakan lampu hias atau kabel-kabel listrik lainnya maka sangat sulit untuk menyembunyikan kabel tersebut di rak terbuka. Salah seorang pengguna Instagram Kayla Nelson memberikan cara untuk mengatasi masalah ini, hanya saja membutuhkan sedikit kreativitas. Ia berkata bahwa kabel-kabel yang berada di rak terbuka cenderung ia sembunyikan dengan tanaman hias.

Wastuproperty.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

top