Proses penjurian Tahap I Sayembara Konsep Perancangan Kawasan & Bangunan Gedung pada Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara masih berlangsung. Meliputi Kompleks Istana Wakil Presiden (Wapres), Kompleks Perkantoran Legislatif, Kompleks Perkantoran Yudikatif, dan Kompleks Peribadatan. Rumah dan Villa murah di Bali.

Sayembara ini dilaksanakan pada rangka mengisi urban desain development yang telah dilakukan sayembara dalam 2019 lalu. Berdasarkan output penilaian menurut 246 peminat semenjak 28 Maret 2022 lalu, sudah terpilih 3 karya menurut masing-masing kategori menggunakan output evaluasi terbaik. Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti mengatakan, sesudah terpilih 3 peserta menggunakan evaluasi terbaik, termin selanjutnya merupakan Presentasi Nominator & Penjurian Tahap dua bagi peserta nominasi buat peringkat pemenang. Rumah murah Yogyakarta.

“Nantinya pemenang sayembara ini akan ditetapkan oleh Menteri PUPR,” ungkapnya pada konferensi pers, Selasa (07/06/2022). Tiga desain terbaik yang akan terpilih wajib memenuhi kriteria konsep perancangan tempat & bangunan pada IKN Nusantara. Di antaranya memenuhi key performance indicator (KPI) terkait bangunan gedung yang sudah ditetapkan pada Dokumen Urban Design Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. Rumah murah Malang.

Kemudian, desain mencerminkan bukti diri bangsa pada desain interior juga eksterior bangunan, memperhatikan peraturan & ketentuan yang berlaku mengenai Bangunan Gedung Negara (BGN). Lalu, menerapkan prinsip green building & menerapkan prinsip kemudahan bangunan gedung. “Dengan melakukan sayembara ini kita harapkan menerima output yang terbaik yang tentunya sesuai harapan kita bersama,” kata Diana.

Proses penyusunan karya desain Sayembara Konsep Perancangan Kawasan & Bangunan Gedung buat Kompleks Istana Wakil Presiden, Kompleks Perkantoran Legislatif, Kompleks Perkantoran Yudikatif, dan Kompleks Peribadatan dilakukan semenjak 23 April-1 juni 2022. Dari total 246 peminat sebesar 79 peserta lolos verifikasi, pada mana 60 peserta memasukkan karya & sisanya 19 peserta tidak memasukkan karya.

penjurian termin 1 ini dilaksanakan buat memilih tiga karya terbaik dilaksanakan dalam 6-10 Juni 2022 menggunakan jumlah juri sebesar 36 orang. Terdiri menurut praktisi, perwakilan Kementerian PUPR, perwakilan Dewan Arsitek Indonesia, perwakilan Ikatan Arsitek Indonesia, akademisi, ahli bangunan gedung hijau, tim perancang Kota KIPP-Ibu Kota Nusantara, perwakilan instansi terkait, & perwakilan tokoh masyarakat.

Sumber : kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

top