Singapura ternyata sebagai kota yang paling layak huni pada Asia Tenggara apabila dibandingkan menggunakan 9 kota lainnya pada laporan indeks kota paling layak huni tahun 2022 atau The Global Liveability Index 2022. Laporan tadi dirilis oleh Divisi penelitian & analisis menurut perusahaan The Economist Group, Economist Intelligence Unit (EIU) sehabis mensurvei 172 negara pada global. Rumah murah Yogyakarta.

Dari total 172 negara tadi, masih ada 10 negara yang pada survei yakni Bangkok, Bandar Seri Bengawan, Hanoi, Jakarta, Kuala Lumpur, Manila, Phnom Penh, Penang, Singapura & Surabaya. Dibandingkan 9 kota lainnya, Singapura berhasil meraih nilai indeks tertinggi yakni 89. Secara dunia, Singapura berada pada posisi ke-40. Rumah murah Malang.

Terdapat 5 indikator kelayakan huni sebuah kota yang dievaluasi yakni soal stabilitas, kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan budaya & lingkungan. Berdasarkan survei, indikator pendidikan & infrastruktur pada Singapura menerima skor 100. Sedangkan indikaor stabilitas skornya 95, kesehatan 92 dan budaya & lingkungan 66. Di bawah Singapura, terdapat Kuala Lumpur menggunakan nilai indeks 68, pada mana secara dunia koa ini berada pada posisi 113 global. Rumah dan Villa murah di Bali.

Selanjutnya pada posisi 5 besar, berturut-turut terdapat Penang, Bangkok & Manila. Jakarta & Surabaya diketahui berada pada posisi 3 terbawah apabila dibandingkan kota-kota lainnya. Berdasarkan survei, total nilai indeks kelayakan yang dihasilkan oleh Jakarta merupakan 51, pada mana secara dunia terdapat pada peringka 153. Sementara Surabaya, berada pada peringkat yang lebih rendah yakni peringkat 155 secara dunia menggunakan total nilai indeks kelayakan huni merupakan 50.

Sedangkan mak   kota Kamboja, Phnom Penh berada pada posisi paling buntut apabila dibandingkan menggunakan 9 negara lainnya menggunakan nilai indeks layak huni sebanyak 47. Kota ini terdapat pada peringkat 160 secara dunia. Mayoritas kota pada Asia Tenggara memang masih sangat jauh dibandingkan menggunakan kota-kota pada Eropa Barat & Kanada yang mendominasi posisi 10 besar. Tahun ini, Ibu Kota Austria, Wina, pulang menerima predikat menjadi kota paling layak huni pada global sehabis sebelumnya menerima predikat yang sama tahun 2018 & 2019.

Sumber : kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

top