Penjualan rumah di platform Lamudi naik 40% tahun ke tahun (year-over-year) di bulan Juni. Peningkatan tersebut didorong oleh permintaan dari pembeli generasi muda.

Mart Polman, CEO Lamudi, mengatakan keterbatasan mobilitas di masa pandemi Covid-19 membuat masyarakat beralih ke layanan digital. “Kami melihat pertumbuhan penjualan rumah 40%,” katanya saat konferensi pers virtual, Selasa (31/8). Mart menyebut daya beli masyarakat justru menurun akibat pandemi corona. Penjualan rumah anjlok di kuartal kedua meski ada insentif pajak Hal ini membantu pertumbuhan penjualan rumah di Lamudi. “Semua orang berjuang secara finansial.

Tapi penjualan didorong oleh segmen pasar generasi muda, yang memiliki kehadiran kuat di Indonesia,” kata Lamudi Michael Ignatius Kauw, wakil presiden penjualan perusahaan di Mart.  generasi muda telah dibesarkan selama lima tahun. “Ada peningkatan 781% penjualan rumah oleh pencari properti selama 2.534 tahun terakhir,” katanya. Startup teknologi real estate (proptech) melihat ada beberapa tren permintaan perumahan oleh generasi muda. Salah satunya adalah bahwa kepemilikan rumah telah menjadi kenyataan pribadi. “Hampir semua generasi muda sekarang tertarik dengan properti.Ketika dia memiliki, dia membagikan momen itu di media sosial, ”katanya.

Penjualan rumah kembali meningkat di Triwulan I Didukung oleh kalangan menengah Bahkan generasi muda cenderung ingin memiliki rumah sendiri, bebas merenovasi, mendekorasi.  yang disiapkan oleh generasi muda untuk membeli rumah bervariasi dari Rp 600 juta hingga Rp 2 miliar. Rata-rata mereka memilih kredit, dengan uang muka sekitar 10%-15% Selain permintaan yang kuat dari generasi baru, Lamudi mencatat peningkatan dalam penjualan rumah berkat insentif negara.

Baca lebih lanjut persyaratan untuk insentif pajak internal dan kurangnya CEO Pusat Manajemen Dana Perumahan (PPDPP) Arif Sabaruddin mengatakan pemerintah telah secara konsisten memberikan subsidi masyarakat selama pandemi Covid19 ini. Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pajak atau DJP juga telah memperpanjang batas waktu pemberian insentif pajak pembelian rumah kepada masyarakat hingga Desember.

Sumber : katadata.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

top